Salah satu tujuan melakukan bisnis tentunya sebagai upaya untuk mendapatkan keuntungan dengan ragam jenisnya, lantas antara bisnis jual beli tanah vs perhiasan vs bisnis online: siapa yang paling menguntungkan? Tentunya, untuk mengetahui lebih jelasnya, maka sudah seharusnya mengetahui lebih jauh mengenai tiga jenis bisnis tersebut. Agar nantinya lebih mudah dalam menentukan bisnis mana yang akan lebih di perdalam atau menjadi salah satu jenis bisnis yang dipilih, khususnya dalam soal keuntungan.

bisnis yang menguntungkan

Mengetahui kelebihan serta kekurangan dari beberapa bisnis andalan

Bisa di bilang, jenis-jenis bisnis seperti halnya jual beli tanah, perhiasan maupun juga bisnis online menjadi bisnis andalan yang saat ini banyak dipilih karena keuntungannya yang menjanjikan. Berikut beberapa kelebihan serta kekurangan dalam setiap bisnis tersebut, yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk memutuskan bisnis apa yang akan diambil. Yaitu;

1. Bisnis jual beli tanah; atau juga digunakan sebagai salah satu aset investasi dalam melakukan bisnis karena tanah memiliki nilai yang tinggi. Adapun keuntungan jika memilih bisnis jual beli tanah di antaranya yaitu tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya yang tinggi, memiliki harga ata nilai yang tidak pernah turun atau bahkan jika bisa mengelolanya bisa memiliki harga yang berlipat-lipat, selain itu juga keuntungan berlipat bisa didapatkan atau bertambah jika bisa melakukan pengembangan dalam melakukan bisnis jual beli tanah dengan bisnis properti lain misalnya.

Namun kekurangan dari bisnis jual beli tanah mungkin terletak pada modalnya karena cenderung harus lebih besar mengeluarkan biayanya. Baik hanya berupa tanah maupun juga jika akan melakukan pengembangan seperti dibangun perumahan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan kata lain, bisnis jual beli tanah harus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang karena bukan jenis bisnis dengan investasi yang berjangka waktu pendek.

2. Bisnis perhiasan; memiliki kaitan dengan bisnis jual beli mas namun yang telah berbentuk perhiasan. Sebenarnya, bisnis perhiasan emas memang memiliki banyak keuntungan karena mengingat bahwa logam mulia tersebut tidak pernah terlewatkan untuk dijadikan sebagai usaha bisnis. Namun disamping kelebihannya, bisnis perhiasan juga memiliki kekurangan tersendiri yang harus di pertimbangkan lagi.

Misalnya saja hal-hal yang bisa membuat perhiasan jadi memiliki nilai jual yang kurang yaitu, jika model perhiasan sudah outtodate atau jadul maka harga pun bisa jatuh. Risiko kerusakan dari perhiasan bisa membuat harga emas juga turun saat dijual kembali seperti halnya kalung emas yang putus, gelang yang patah, hingga batu permata yang hilang pada emas bisa mengurangi nilai atau harga emas tersebut. Ongkos pembuatan emas juga di perhitungkan di mana model yang rumit tentunya akan lebih membutuhkan biaya dari pembuatan emas yang juga lebih tinggi atau mahal.

Kemudian resiko kehilangan seperti dicuri juga menjadi salah satu bagian dari kekurangan dalam menjual perhiasan khususnya emas.

3. Bisnis online; siapa yang tidak kenal dengan salah satu jenis bisnis di era modern yang serba teknologi sekarang ini. Bisnis online umumnya meliputi usaha komersial yang berada di dunia perdagangan dengan beberapa syarat yang bisa dibilang harus dipenuhi jika ingin memiliki bisnis online di samping memiliki modal yang cukup dalam menghasilkan produk.

Seperti halnya memiliki komputer atau laptop dan bisa mengoperasikannya, terdapat koneksi internet dengan jaringan yang cukup, memiliki pengetahuan dalam memanfaatkan kirim terima pesan secara elektronik, memiliki akun atau nomor rekening bank, dan yang lebih luasnya lagi akun bank secara lokal maupun juga internasional.

Sehingga keuntungan dalam melakukan bisnis online yaitu bisa dilakukan di manapun dan juga kapanpun tanpa dipungut biaya yang bahkan juga tidak jarang tanpa modal namun menghasilkan keuntungan. Dalam hal mempromosikan produk juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara luas sekalipun hanya melalui dari rumah. Hal ini dikarenakan terdapat media sosial yang bisa dimanfaatkan secara besar-besaran dalam melakukan ajang promosi produk.

Adapun kelemahannya jika melakukan bisnis online yaitu ketergantungan pada internet karena jika tidak ada koneksi maka akan sangat sulit dalam menjalankan usaha bisnis online tersebut. Selain itu juga, jarak yang jauh antara konsumen dan juga penjual bisa menimbulkan ketidakpercayaan bagi para calon pembeli karena maraknya penipuan seperti dalam soal produk yang berbeda antara di foto dan aslinya namun dengan harga yang tidak sesuai kualitas misalnya.

Penjualan secara online juga bisa menimbulkan dampak lainnya yang berkaitan dengan pelanggaran hak cipta di mana produk yang telah dipasarkan secara luas bisa jadi akan banyak pembajak yang menjual produk sama dengan kualitas yang berbeda.

Selebihnya lagi yaitu dalam soal pengiriman barang dan penerimaan uang yang menjadi salah satu pemicu dari timbulnya ketidakpercayaan konsumen terhadap produk yang dipasarkan seperti ketakutan barang tidak sampai bagi pembeli dan juga ketakutan tidak ada pembayaran bagi penjual. Biaya tambahan ongkos kirim karena butuhnya perantara untuk jasa pengiriman juga menjadi salah satu yang bisa dibilang kekurangan dalam berbisnis online.

Itulah tiga jenis bisnis dengan kelebihan dan juga kekurangannya yang bisa disimpulkan bahwa memilih bisnis baik di luar dari tiga jenis di atas maupun juga di antara tiga jenis bisnis di atas tidak akan terlepas dari mendapatkan keuntungan dan juga kekurangan atau kerugian.

Jadi bisnis jual beli tanah vs perhiasan vs bisnis online: siapa yang paling menguntungkan? Semuanya kembali kepada para calon pelaku bisnis yang bisa menyesuaikan pilihan berdasarkan, baik secara materi maupun juga pengetahuan dalam mengelola bisnis dengan baik pada jenis bisnis yang tepat agar mendapatkan keuntungan yang berlipat.