Salah satu cara untuk memakmurkan keluarga adalah dengan berbisnis. Rumahku syurgaku artinya ketika kita dirumah, kita tetap bisa bercengkrama dengan keluarga, juga kita tetap menghasilkan uang dari bisnis kita. Caranya? dengan berbisnis yang tepat.

jual beli tanah

Kali ini kita akan membahas tentang bisnis jual beli tanah. Jika pembaca adalah seorang pemula yang ingin belajar berbisnis, inilah saatnya baca salah satu lini bisnis abadi, yuk belajar bersama!

Bisnis tanah tentunya sangat menggiurkan tentunya terdapat cara pintar dan benar menjual tanah bagi pemula sehingga kamu yang tidak memiliki pengalaman dibidang ini akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Tanah merupakan aset yang tepat untuk kamu yang bingung dalam memilih investasi seperti apa. Sebab setiap tahun harga tanah akan terus naik, apalagi tanah di daerah perkotaan.

Jadi tidak heran jika bisnis dalam jual beli tanah akan memberikan keuntungan yang besar. Apalagi saat ini kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat, namun beberapa orang yang tidak memiliki pengalaman pada bagian bisnis ini takut karena bisa saja tanah laku dalam waktu yang lama. Padahal sebidang tanah jika laku akan menghasilkan uang jutaan rupiah, karena itu tidak ada salahnya untuk memulai bisnis pada bidang properti.

Sebab bisnis pada bidang kebutuhan tentu saja banyak sekali pesaingnya. Jika kamu takut rugi terdapat trik agar usaha kamu pada bidang ini dapat lancar saja.

1. Memilih lokasi yang strategis

Lokasi merupakan salah satu aspek yang sangat diperhatikan dalam bisnis jual beli rumah dan tanah, sebab lokasi dapat menentukan harga tanah tersebut. Semakin strategis tempatnya maka semakin mudah tanah tersebut terjual sehingga walaupun dipasang harga yang mahal tetap banyak orang yang mau membeli. Sehingga keuntungan yang didapat untuk kamu akan banyak, sebab lokasi memiliki daya tarik tersendiri.

Contohnya tanah pada daerah perkotaan yang biasanya harganya sangat tinggi. Hal ini dikarenakan pada daerah kota dapat menjangkau semua tempat dan fasilitas yang ada, mulai dari perkantoran, industri, hingga hiburan. Sehingga walaupun dipasang harga hingga miliaran rupiah orang akan berani membeli karena dapat menjangkau seluruh tempat penting.

Baca juga: Meminjam uang untuk memiliki rumah

2. Teliti dalam memeriksa surat tanah

Dalam menjual sebuah tanah tentunya kamu harus teliti dalam memeriksa surat-surat tanah tersebut apakah sudah lengkap atau tidak. Sebab hal ini dapat mempermudah proses jual beli, karena jangan sampai kamu menjual tanah yang memiliki sengketa. Tentu hal ini dapat membahayakan masa depan kamu beserta bisnis.

Sebab menjual tanah yang bersengketa sama dengan kamu mencari bahaya, karena hal ini akan menempuh jalur hukum yang panjang yang tentunya mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Karena itu ada baiknya juga kamu meneliti sejarah dari tanah tersebut agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Dimana dapat mencari informasi dari pemilik tanah langsung atau kerabat dan warga sekitar.

3. Melakukan pemasaran yang luas

Dalam menjual tanah agar terjual dalam waktu yang cepat tentunya kamu haru melakukan pemasaran dalam skala besar-besaran agar terlihat oleh orang. Saat ini kamu dapat memasang iklan pada koran atau memasang pada pamflet. Namun agar lebih luas, maka kamu dapat memasangnya pada iklan di internet atau sosial media.

Sebab jika lewat internet dapat dilihat oleh orang 24 jam dan tidak terbatas dengan tempat. Dan juga lebih luas jangkauannya karena banyak orang yang melihat iklan kamu. Atau kamu dapat menjualnya di grup chat yang berisi teman-teman, sebab pasti banyak orang yang ingin membeli tanah. Dan juga gunakan teknik pemasaran yang menarik agar orang tertarik melihat dan membelinya.

4. Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pembeli

Dalam menjalankan bisnis tentunya kamu harus memberikan pelayanan yang prima sehingga dapat memuaskan konsumen dan tidak mengecewakannya. Melayani dengan cepat dan menjaga kepercayaan konsumen adalah kunci utama, sehingga konsumen dapat percaya dan jika ingin membeli tanah dapat membeli kembali kepada kamu.

Dengan memberikan pelayanan yang baik maka kamu akan direkomendasikan kepada orang lain sehingga akan banyak orang yang akan menggunakan jasa kamu. Sebab dalam bisnis jual beli tanah ini sering terjadi penipuan karena sering terjadi tanah yang dijual mengalami sengketa.

5. Pantang Menyerah

Memang dalam menjalankan bisnis tentunya kamu akan menemui kegagalan, namun jangan jadikan kegagalan sebagai penghambat. Jadikanlah kegagalan tersebut menjadi pelajaran, sehingga kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Karena itu sebagai pebisnis kamu harus memiliki sifat yang pantang menyerah sehingga bisnis kamu tidak akan berhenti di tengah jalan.

Sebab dalam menjalankan bisnis tentunya kamu akan merasakan pasang surut. Dengan terus berusaha memperbaiki kesalahan tentunya bisnis kamu akan terus bergerak maju. Sebab setiap bisnis termasuk dalam bisnis jual beli tanah tidak dapat langsung menjadi maju, karena diperlukan melewati beberapa proses agar bisnis kamu dapat dikenal oleh orang banyak.

6. Melakukan persiapan yang matang

Dalam memulai suatu bisnis termasuk jual beli tanah ada baiknya kamu memiliki persiapan yang matang agar dalam menjalankan bisnis dapat berjalan dengan mulus. Dengan memiliki modal usaha salah satu hal yang harus kamu penuhi. Modal untuk melakukan jual beli tanah tidaklah sedikit karena memakan biaya ratusan juta rupiah bahkan miliaran rupiah.

Karena itu dibutuhkan persiapan yang matang, modal sebesar itu dapat kamu miliki dengan menggunakan uang sendiri atau melakukan peminjaman kepada kerabat atau pihak bank. Karena itu dalam menjalankan bisnis ini kamu harus memiliki mentak baja dan sikap yang tidak mudah menyerah. Sebab kamu harus ingat bahwa yang menjalankan bisnis ini tidak hanya kamu saja, sehingga kamu akan menemukan berbagai macam tantangan salah satunya adalah pesaing.

Sehingga kamu harus tahan banting terhadap tekanan agar bisnis kamu tidak akan berhenti dengan sia-sia. Dan inilah cara pintar dan benar menjual tanah.