Jika mengingat rumah atau perumahan murah, nama pengusaha muda ini selalu muncul, ya pengusaha muda Elang Gumilang ini selalu membuat saya takjub dengan segala usaha bisnis properti yang telah beliau rintis.

rumah murah

Bisnis properti seperti jual beli rumah murah ini, sampai sekarang ini bukan termasuk jenis bisnis yang akan mati ditelan zaman. Hal ini karena bisnis di bidang properti mendatangkan keuntungan yang termasuk minim resiko, apalagi rumah murah yang sangat diburu masyarakat. Namun demikian, ketika Anda tidak memiliki strategi yang tepat, bukan tidak mungkin bisnis properti yang dijalankan berakhir dengan kerugian.

Dari sekian banyak tokoh bisnis yang sukses di bidang properti, ada Elang Gumilang yang bisa dikatakan sebagai pelopor pebisnis muda karena keberhasilannya menjual perumahan dengan sasaran kelas menengah kebawah. Jika Anda ingin sukses saat bekerja di dunia properti, berikut adalah tips belajar bisnis rumah rumah seperti Elang Gumilang yang bisa Anda simak.

Riset pasar untuk menentukan konsumen tujuan

Jika Anda ingin bisnis properti yang Anda tekuni berkembang dan disukai pasar, lakukan riset pasar untuk mengetahui kemampuan ekonomi dari warga yang ada disekitar lokasi properti.

Meski terkesan sepele, unsur riset pasar akan menentukan keberhasilan promosi yang Anda kerjakan. Sebagai contoh saat Elang Gumilang akan memasarkan perumahan ke segmen masyarakat berpendapatan rendah, yang dilakukannya adalah riset pangsa pasar di daerah Bandung sebelum benar-benar membangun properti di lokasi tujuan.

Hasilnya, banyak yang meminati dan akhirnya membeli perumahan sederhana yang konon bisa dicicil dengan nominal kurang dari Rp 100.000,00 per bulan.

Perencanaan bisnis yang matang

Ketika Anda ingin berbisnis di bidang properti, pastikan Anda sudah memiliki perencanaan bisnis yang matang. Dengan begitu, segala jenis resiko kerugian yang mungkin terjadi bisa diminimalisir dengan baik. Perencanaan ini umumnya meliputi hal-hal, seperti:

1. Perencanaan tentang besar modal dan darimana akan memperoleh modal tersebut untuk memulai usaha.

2. Jadwal pemakaian modal dan apabila Anda berperan sebagai developer, Anda perlu memiliki target yang jelas tentang bahan yang akan digunakan dalam membangun rumah dan waktu yang dibutuhkan untuk membangun rumah yang bersangkutan.

3. Manajemen keuangan yang berhubungan dengan uang masuk dan uang yang dikeluarkan, sehingga target keuntungan yang ingin dicapai sudah jelas sejak awal.

4. Manajemen resiko yang diperlukan dalam mengatasi masalah selama pembangunan rumah, misalnya saja seperti kualitas bahan yang ternyata tidak standar atau desain yang kurang disukai konsumen.

Survey lahan yang murah

Meski sekarang ini cukup sulit dilakukan, bukan suatu hal yang mustahil untuk mencari lahan tanah berukuran besar yang harga per meternya masih terjangkau. Untuk mendapatkannya dibutuhkan ketelitian dan kesabaran, sehingga ketika nantinya Anda membangun rumah, harga yang ditawarkan pada konsumen tidak terasa mahal.

Pada prakteknya, saat survey lahan murah tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

1. Kondisi kestabilan dan daerah resapan air tanah yang biasanya sangat penting untuk pengairan sekitar lokasi perumahan.

2. Kontur tanah yang dimiliki oleh lahan murah, sehingga pada saat terjadi bencana alam tidak ada resiko tinggi yang akan dialami oleh pemilik rumah.

3. Kemungkinan kondisi lokasi lahan murah yang bersangkutan beberapa tahun kedepan. Hal ini berkaitan dengan nilai jual kembali tanah dan bangunan yang ada diatasnya.

Tanggung-jawab dan konsistensi

Ketika Anda sudah memiliki rencana untuk membangun rumah murah seperti Elang Gumilang, bertanggungjawab dan konsistenlah pada pilihan yang sudah Anda ambil. Buktikan pada konsumen yang sudah mempercayai Anda bahwa apa yang akan Anda lakukan bukan hanya sekedar perencanaan diatas kertas.

Pada prakteknya, saat Anda merasa tidak mampu menjalani rencana yang dibuat secara indivual, bekerjasamalah dengan teman-teman yang Anda percaya untuk mewujudkan impian Anda dalam membangun rumah ideal dengan harga terjangkau.

Miliki teknik pemasaran yang unik dan kreatif

Sebagus apapun rumah yang Anda bangun, tidak akan ada banyak konsumen yang mau melihatnya ketika teknik pemasaran yang dilakukan biasa saja. Untuk bisa menarik konsumen, carilah ide pemasaran yang unik dan kreatif.

Pastikan ide yang akan Anda gunakan belum pernah digunakan kompetitor di dunia properti.

Berbagi manfaat

Ketika Anda ingin membangun bisnis properti seperti Elang Gumilang, ada sistem berbagi manfaat yang diterapkan secara tulus dan ikhlas didalamnya. Dalam hal ini, percayalah pada prinsip kebaikan memang tidak akan langsung dibalas dengan kebaikan, namun bukan tidak mungkin bahwa kebaikan yang ditanam akan menuai kebaikan yang berlipat dikemudian hari.

Disiplin dan pantang menyerah

Jika Anda ingin berhasil, pastikan bahwa bisnis properti yang dimulai akan Anda kembangkan secara disiplin dan pantang menyerah. Apabila mendapat penolakan dari konsumen karena rasa takut akan dikecewakan oleh Anda atau masalah lainnya, jangan patah semangat dan terus mencoba untuk membuktikan bahwa apa yang dipikirkan orang lain terhadap Anda tidak terbukti benar. Dengan pola kedisiplinan dan pantang menyerah yang Anda bangun, Anda bisa menghadapi beragam resiko selama menjalankan bisnis dengan lebih tulus.

Berdoa untuk kesuksesan

Meski terkesan sederhana, jangan lupa bahwa sebagai manusia keberhasilan Anda tetap ada di tangan Tuhan. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu berdoa dan berserah diri setelah usaha yang Anda lakukan.

Dengan berdoa secara tulus, Anda akan mendapatkan keuntungan tanpa merasa kecewa ketika apa yang didapat adalah kebalikannya.

Penjelasan detail

Saat menghadapi konsumen, pastikan Anda menjelaskan secara detail jenis perumahan yang Anda kembangkan. Dengan cara ini, konsumen yang akan bertransaksi bersama Anda paham benar konsep yang ingin Anda sajikan dan percaya dengan kualitas perumahan yang ditawarkan. Saat konsumen percaya pada Anda secara tidak langsung tips belajar bisnis rumah rumah seperti Elang Gumilang sudah berhasil.