Kebanyakan orang ketika setelah menerima gaji, selalu kebingungan. Apakah ini hari gajian? Bayar hutang atau belanja bulanan duluan? Manusia hidup memang memiliki beragam kebutuhan. Kebutuhan itu pun tak semuanya sama per orang.

bayar hutang atau belanja bulanan

Ada orang yang keinginannya membeli baju baru, hp baru, hingga kendaraan baru. Namun tahukah anda bahwa orang yang tidak bisa mengelola keuangan, dan tidak tahu cara berhemat, mereka akan menyesal di kemudian hari.

Memang tidak salah orang yang sudah bekerja memanfaatkan hasil keringatnya sesuai kebutuhan mereka. Memang momen gajian adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh semua pekerja.

Tapi dengan gaji yang baru terbayarkan, seharusnya kita tidak langsung menghamburkan begitu saja. Banyak orang yang tidak menyadari ketika gajian sudah turun, mereka langsung belanja ini itu, sehingga ketika uang mereka sudah habis, mereka baru menyadari bahwa pengeluaran yang mereka lakukan melebihi pemasukan yang mereka terima sehingga pada tanggal tua pun, mereka akan gigit jari karena uang mereka hampir habis.

Kegiatan mengelola uang gajian merupakan salah satu hal yang paling mutlak untuk dilakukan oleh semua orang. Apabila anda tidak bisa mengelola gaji anda, maka sudah pasti anda hanya akan tertipu daya oeh kenikmatan yang hanya sebentar saja.

Sebetulnya banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk mengelola uang gaji anda, tinggal anda sendiri yang bisa melakukan atau tidak. Nah artikel kali ini akan membahas apakah ini hari gajian? Bayar hutang atau belanja bulanan duluan? Nah, simak baik-baik ya kawan.

1. Membayar Tagihan Hutang

Tagihan hutang yang dimaksud kali ini yakni tagihan kartu kredit, tagihan cicilan rumah, barang, sepeda motor, mobil, dan sejenisnya. Setelah menerima gaji, hal pertama kali yang harus anda lakukan yakni membayar semua tagihan tersebut.

Tagihan tersebut harus menjadi prioritas agar tidak mengalami penumpukan di selang waktu berikutnya sehingga anda tidak perlu membayar dalam jumlah yang besar pada bulan selanjutnya. Tidak ada patokan khusus anda harus menyisihkan seberapa persen dari gaji anda untuk membayar semua tagihan itu, yang penting tagihan adalah hal yang pertama kali anda bayar ketika setelah menerima gaji.

2. Pengeluaran Bulanan

Pengeluaran bulanan pasti dilakukan oleh semua orang, baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Namun perbedaannya yakni terkadang pengeluaran sebelum menikah lebih sedikit dibandingkan dengan pengeluaran setelah menikah, namun hal itu tidak mutlak karena tergantung dengan orang yang melakukannya.

Pengeluaran bulanan yang dimaksud yakni pengeluaran untuk sembako, tagihan listrik, tagihan air, dan sebagainya. Anda bisa melakukan pembatasan pada pengeluaran sembako (maksudnya tidak terlalu boros, namun juga jangan terlalu irit karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan), serta penghematan dalam penggunaan listrik dan air sehingga pada akhir bulan, pengeluaran bulanan untuk listrik dan air tidak terlalu besar.

Bagi anda yang sudah menikah, sudah pasti pengeluaran anda juga akan semakin membengkak. Pengeluaran tersebut untuk memberi nafkah kepada istri, memberi kepada orang tua. Selain itu ketika anda sudah memiliki anak yang berusia sekolah, maka kebutuhan bulanan anda akan bertambah karena harus membiayai pendidikan anak anda.

3. Menabung

Menabung merupakan hal yang penting dan tidak boleh dilupakan ketika anda menerima gaji. Menabung merupakan prioritas yang harus disegerakan setelah pengeluaran bulanan. Menabung dalam hal ini bisa anda lakukan di rumah sendiri, namun juga bisa anda lakukan dengan memiliki rekening khusus untuk menabung.

Menabung merupakan investasi di masa yang akan datang. Dengan menabung, maka dipastikan masa depan anda akan lebih terencana karena anda sudah memiliki bekal yang sudah dicicil hari ini.

4. Mengikuti Tabungan Berencana Atau Asuransi Tertentu

Tabungan berencana bisa anda pilih karena sifat dari tabungan ini yakni sangat bermanfaat bagi para nasabahnya. Tabungan berencana akan membantu anda untuk tetap bisa menabung tanpa membebani biaya pengeluaran bulanan anda. Biasanya tabungan berencana ini akan langsung ditarik dari rekening anda.

Tabungan Selain mengikuti tabungan berencana, anda juga bisa mengikuti asuransi tertentu. Asuransi yang bisa anda ikuti yakni asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan bermotor, dan berbagai asuransi lain. Asuransi ini akan membantu anda ketika dalam kesulitan.

Misalnya ketika anda sakit, maka asuransi akan mengkover biaya perawatan anda ketika di rumah sakit atau rawat jalan, biaya obat, biaya operasi jika diperlukan, dan sebagainya.

Sakit merupakan hal yang tidak diinginkan dan tidak diduga oleh semua orang, namun dengan anda mengikuti asuransi kesehatan, maka anda tidak usah bingung lagi ketika anda sakit namun tidak memiliki biaya untuk berobat. Asuransi ini layaknya kita menabung yang akan digunakan ketika sewaktu-waktu terjadi musibah.

Dengan asuransi yang ada, kesehatan anda sekeluarga, jiwa anda dan sekeluarga, serta kendaraan bermotor yang anda miliki akan terkover oleh asuransi. Jadi jangan khawatir bahwa mengikuti asuransi akan menyebabkan kita menjadi kekurangan, karena asuransi ini layaknya kita menabung untuk kebutuhan yang tak terduga.

5. Biaya Hiburan

Nah kawan, setelah anda terlebih dahulu mengedepankan kebutuhan penting yang sudah tertulis di atas, apabila terdapat uang lebih, bisa anda gunakan untuk biaya hiburan.

Hiburan merupakan sesuatu hal yang tidak bisa terpisahkan dalam kehidupan seseorang. Hiburan yang bisa anda pilih yakni menonton film, rekreasi, atau sekedar makan bersama dengan keluarga kecil anda. Namun yang perlu anda ingat yakni pengeluaran hiburan anda jangan sampai melebihi ambang batas.

Kawan, sudah tahu kan prioritas apa yang lebih penting untuk didahulukan setelah menerima gaji. Yang terpenting bagi anda yakni jangan pernah melakukan pengeluaran yang melebihi pemasukan yang anda terima. Berikut artikel tentang apakah ini hari gajian? Bayar hutang atau belanja bulanan duluan? Semoga bermanfaat.