Mudah-mudahan tidak bosan membahas utang ya, supaya setelah menikah tercipta rasa “rumahku syurgaku” dan tidak dikejar-kejar debt-collector, juga supaya selalu ingat akan bahaya pinjam dan hutang uang di dunia “Nyata” 🙂

hutang tidak baik

Seperti yang telah kita ketahui, uang pinjaman seakan tak pernah lepas dari hidup masyarakat saat ini. Apalagi dengan tingginya kebutuhan memaksa banyak orang mencari uang yang bisa dipinjam untuk memenuhi kebutuhannya. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terpaksa untuk meminjam uang kepada orang lain. Berikut ini beberapa faktor tersebut.

1. Kebutuhan yang tinggi tidak diimbangi dengan pemasukan yang besar
2. Pemenuhan kebutuhan yang mengikuti zaman
3. Mengikuti tren yang berkembang sehingga tidak ingin dianggap ketinggalan zaman
4. Kemudahan meminjam dari berbagai pihak
5. Kemudahan memiliki barang dengan cicilan ringan

Faktor-faktor inilah yang membuat orang dengan mudah meminjam uang. Akan tetapi sayangnya kemudahan untuk meminjam uang saat ini sering kali disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan keruwetan dalam urusan pinjam meminjam uang.

Nah bagi kamu yang masih ingin meminjam uang otomatis jangan asal pinjam saja karena banyak risiko yang mengintai. Paling penting adalah jangan meminjam uang jika memang tidak membutuhkannya atau masih bisa mengatur keuangan. Bagaimanapun pinjaman adalah jalan pintas atau solusi sementara untuk mengatasi kebutuhan yang mendesak. Oleh karena itulah hindari untuk meminjam uang tanpa ada kebutuhan mendesak.

Kalaupun ada kebutuhan yang mendesak, jangan meminjam uang pada sembarang orang karena bisa mendatangkan masalah baru. Berikut ini beberapa fakta mengapa jangan meminjam uang sembarangan untuk mendapatkan uang pinjaman yang aman.

Risiko Jaminan Tak Aman

Bagi sebagian orang saat meminjam uang tentu saja harus ada jaminan yang digunakan sebagai acuan jumlah pinjaman. Jaminan ini banyak jenisnya bisa berupa barang berharga atau surat berharga tentunya jaminan harus memiliki nilai yang sebanding atau lebih dari jumlah pinjaman yang diberikan.

Dengan demikian bukan hanya uang yang dipinjam yang harus diperhatikan akan tetapi barang jaminan juga harus dijaga sehingga ketika dilunasi hutangnya semua kembali seperti semula. Saat ini banyak orang yang memberikan pinjaman akan tetapi meminta sebuah jaminan yang sering kali dimanfaatkan untuk hal yang tidak perlu.

Tak jarang barang jaminan rusak atau bahkan hilang ketika berada di tangan orang yang dipinjami uangnya. Oleh karena itulah pastikan untuk mencari tempat yang tepat saat meminjam uang dengan jaminan yang jelas dan juga ada aturan ketika barang jaminan digunakan.

Carilah pinjaman di tempat yang sudah terbiasa dan terverifikasi untuk meminjamkan uang sehingga barang yang digunakan sebagai jaminan aman dan tidak berisiko.

Ingat, pastikan Anda akan berusaha untuk disiplin membayar hutang supaya selamat.

Hidup Tidak Tenang

Tak bisa dipungkiri bahwa hidup seseorang akan semakin tidak tenang jika banyak hutang yang ditanggungnya. Bagaimana tidak setiap hari bekerja akan tetapi gaji yang diperoleh harus digunakan untuk melunasi pinjaman uang sehingga sering kali hal tersebut justru menumpuk pinjaman baru lagi.

Pinjaman uang memang bisa mendatangkan kemudahan bagi banyak orang dengan cara yang tepat dan di tempat yang telah dipercaya. Akan tetapi pinjaman uang juga bisa menjadikan hidup seseorang terancam ketika meminjam di tempat yang salah.

Jika tidak diteliti terlebih dahulu seluk beluk dan ketentuan pinjaman maka pinjaman tersebut bisa menjadi buah simalakama yang bukannya membantu dan menjadi solusi justru akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Tak sedikit orang yang tersakiti akibat meminjam uang pada orang yang salah sehingga menumpuk bunga yang besar dan pada akhirnya sulit untuk membayarnya. Belum lagi jika ada orang yang menagih uang tersebut dengan cara yang kasar atau dengan ancaman tentunya akan membuat hidup tidak tenang baik secara pribadi maupun keluarga.

Malas untuk Melunasi Hutang

Meminjam pada orang yang salah juga sering kali menyebabkan rasa tidak sungkan untuk tidak segera melunasi. Padahal justru hal inilah yang membuat bunga hutang semakin menumpuk dan akhirnya akan membuat orang yang meminjam tertumpuk dana tak terduga.

Rasa malas untuk melunasi hutang ini timbul karena tidak adanya rasa segan pada orang yang meminjami uang. Selain itu, meminjam pada orang yang tidak dikenal atau sembarangan sering membuat urusan uang menjadi lebih panjang dan lebih sulit diselesaikan. Dengan demikian akan ada masalah baru muncul dan akhirnya berada pada kondisi tidak ingin melunasi hutang tersebut.

Bunga yang Berlipat Ganda

Inilah yang paling tidak diinginkan oleh semua orang yaitu bertambahnya bunga yang tidak terduga. Inilah manfaatnya untuk meminjam uang pada orang atau lembaga yang memang sudah mempunyai kapasitas untuk memberikan pinjaman.

Bunga yang sudah jelas membuat orang yang meminjam bisa memperkirakan pinjaman yang bisa diambil. Berbeda pada orang yang tak dikenal atau orang yang ingin memberikan pinjaman dengan cara yang sangat mudah tanpa ada ketentuan.

Umumnya mereka akan memberikan bunga yang kecil sebagai bentuk promosi dan menjadikannya besar begitu terdapat masalah dalam proses pelunasannya. Tak jarang masalah ini akan membuat orang yang meminjam tertekan dan berakhir pada hal yang tidak dinginkan. Jadi jika ingin meminjam uang hindari untuk menggunakan jasa orang yang tidak mempunyai pedoman khusus atau peraturan yang jelas mengenai bentuk peminjamannya.

Nama Baik Tercemar

Terakhir adalah nama kita akan mudah tercemar ketika ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan baik. Bahkan ada beberapa orang yang memanfaatkan hal ini untuk memeras orang yang meminjam uang agar membayar dengan uang yang diinginkan dan diancam menyebarkan nama baiknya.

Kasus seperti ini sudah tak terhitung jumlahnya apalagi jika terdapat kesalahpahaman pada sisi peminjam dan orang yang dipinjam maka nama lah yang menjadi taruhannya. Otomatis dengan tercemarnya nama peminjam akan membuat hidupnya tidak tenang.

Jadi alangkah baiknya untuk menghindari meminjam pada orang yang tidak dikenal atau sembarangan jika tidak ingin ada masalah pada uang pinjaman.